Melindungi Account Liberty Reserve Dari Ancaman Hacker dan Spammer

Thursday, September 8, 2011

Seperti yang telah dijelaskan pada artikel mengakses account Liberty Reserve LR, untuk melakukan login ke dalam account LR, dibutuhkan 4 kali login dengan 4 keamanan yang berbeda jenisnya. Hal ini membuat Liberty Reserve tidak mungkin akan dijebol oleh hacker maupun cracker. Poin yang menjadi kelemahan adalah kesalahan pemakai liberty reserve itu sendiri.

Beberapa kemungkinan yang bisa terjadi - yang dilakukan oleh hacker dan spammer, adalah :

  1. Phising e-mail
    Phising e-mail adalah e-mail yang sengaja dikirimkan ke anda seakan-akan dari liberty reserve untuk mendapatkan data rekening liberty reserve anda, berupa nomor rekening, password, PIN, dan MasterKey. Jika mereka mendapatkan keempat data ini, account anda pasti bisa dibobol.
    Untuk mencegahnya,
    Jangan pernah klik link di e-mail, karena Liberty Reserve tidak pernah mengirimkan link melalui e-mail. Hal yang akan diminta oleh mereka adalah login ke rekening anda melalui situs resmi mereka.
  2. Phising website
    Phising website adalah website palsu yang dibuat seakan-akan mirip dengan website liberty reserve. Setelah website itu dikunjungi, kita diminta untuk memasukkan nomor account, password dan PIN. Setelah mendapatkan seluruh data-data itu, hacker akan masuk ke rekening liberty reserve anda.
  3. Trojan, spyware, atau Keylogger
    Para pelaku kejahatan ini akan mengirimkan sebuah link yang berisikan program-program jahat. Trojan biasanya sulit terdeteksi dengan antivirus biasa. Biasanya trojan didapatkan karena kita mengakses website ataupun mengakses file yang telah terinfeksi (misalnya melalui flash disk yang dimasukkan ke komputer). Akibatnya, sang pengendali trojan itu bisa melakukan remote (pengendalian terhadap komputer kita dan bahkan mengirimkan file yang mengandung password dan username kita.
    KeyLogger juga cukup populer. Keylogger ini dapat mengidentifikasi semua tombol yang kita ketik di keyboard dan mencatatnya. Keylogger ini akan mengirimkan semua password dan PIN liberty reserve anda dan mengirimkannya kepada hacker itu.
  4. Hacking Email
    E-mail yang tidak menggunakan password yang kuat dan menggunakan security questions yang mudah ditebak dapat dibobol. MedanGold.com sendiri juga telah beberapa kali mengalami percobaan pembobolan password e-mail ataupun YM, namun sampai saat ini, belum berhasil.
    Biasanya para hacker akan berpura-pura bertanya tentang masalah keseharian, ataupun menggunakan iming-iming hadiah dan bertanya tentang jawaban security questions yang berhubungan.

Untuk mencegahnya, kita harus menggunakan antisipasi sebagai berikut :

  1. Masuk ke halaman Liberty Reserve hanya melalui http://www.libertyreserve.com
  2. Silahkan bookmark halaman liberty reserve anda di http://www.liberty reserve.com dan hanya akses melalui bookmark anda. Cara bookmark nya adalah dengan cara menekan tombol Ctrl+D pada saat anda ada di halaman utama liberty reserve.
  3. Jangan pernah klik link di email
    Jangan pernah klik link yang ada di e-mail. meskipun itu dari liberty reserve. Liberty Reserve hanya mengirimkan link satu kali saja saat pembukaan rekening Liberty Reserve. Setelah itu, tidak pernah ada e-mail lain dari mereka. Dan unikya, setiap e-mail dari mereka selalu di awali dengan nama depan anda
  4. Gunakan Antivirus, Firewall dan Spyware
    Download program antivirus, firewall dan spyware gratis yang ada di internet tapi cukup terjamin keampuhannya.
    untuk antivirus, download di : AVG antivirus Free edition
    untuk firewall, download di : Zone Alarm Free Firewall
    untuk antispyware, download di : AdAware Free AntiSpyware
    Scan Komputer anda setiap seminggu sekali secara berkala, dan mudah-mudahan tidak ada masalah dengan account liberty reseve anda.
  5. Kurangi resiko komputer anda terinfeksi.
    situs-situs yang berbahaya maksudnya disini seperti : situs-situs dewasa, mendownload aplikasi facebook yang tidak aman, aplikasi bajakan, ataupun program yang tidak anda kenal.
  6. Gunakan e-mail khusus untuk liberty reserve
    petunjuk ini seperti yang tertera di panduan pembukaan rekening liberty reserve
  7. Gunakan komputer khusus untuk transaksi finansial.
    Gunakah satu komputer khusus untuk transaksi finansial anda. Tidak perlu kualitas yang sangat bagus, hanya untuk akses internet dan akses word processor saja sudah cukup
  8. Jangan menuliskan Password dan PIN di komputer.
    Yang paling baik adalah mengingat password dan PIN liberty reserve yang digunakan untuk login. Namun ini sangatlah sulit. solusinya. Tuliskan password dan PIN anda di kertas dan simpan dengan baik.

0 komentar:

Post a Comment

Photos

PageRank Button FindingBlog - Blog Directory Directory of Education/Research Blogs Add to Technorati Favorites [Valid Atom 1.0] Site Meter

Search Engine Optimization and SEO Tools Research Papers
Research Papers Follow this site